Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 20 November 2011

PEMASARAN BONEKA POTTY DI KOTA SINGARAJA BALI SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI ANAK-ANAK


A. JUDUL

PEMASARAN BONEKA POTTY DI KOTA SINGARAJA BALI SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI ANAK-ANAK

B. LATAR BELAKANG

Boneka Potty adalah pot berbentuk boneka yang unik dan lucu. Di badan boneka terdapat pot yang bisa ditanami benih sayuran dan tanaman hias. Boneka ini merupakan boneka edukasi karena mengajarkan anak bercocok tanam secara sederhana dengan media yang menyenangkan. Anak akan menabur benih yang tersedia dalam kemasan di atas tanah yang telah disediakan.  Benih akan tumbuh dalam 3-7 hari apabila dirawat dan disiram dengan baik, sehingga mengajarkan anak untuk mencintai  tanaman sejak dini. Boneka potty pada awalnya hanya diproduksi di daerah Jawa saja, sedangkan untuk di Bali khususnya kota Singaraja belum ada yang memproduksinya. Berangkat dari sanalah kami ingin memproduksi sekaligus mengembangkan boneka potty di Bali, khususnya kota Singaraja. Kami berharap dengan memproduksi boneka potty secara masal dapat memberikan edukasi kepada anak-anak dan juga masyarakat luas.
Boneka Potty dikemas cantik dengan kain tile halus sehingga cocok dijadikan souvenir atau hadiah. Selain itu boneka ini bisa menjadi bahan praktikum sains yang menyenangkan di sekolah. Boneka Potty selain dapat ditanami benih juga dapat ditanami tanaman mini seperti kuping gajah, keladi, sansiviera, kaktus, dan lain-lain. Boneka Potty berbentuk macam-macam binatang yang lucu, imut, dan unik seperti berbentuk kelinci, singa, sapi, babi,  dan tupai sehingga disukai anak-anak. Selain menjadi mainan, boneka potty juga bisa jadi penghias ruangan. Boneka ini dibuat dari bahan utama serbuk kayu dan juga serabut kelapa. Bahan lainnya, adalah benih tanaman, stoking, kain tile, arang sekam, pupuk, kaleng bekas, batok kelapa,  atau pun pot  dan aksesoris boneka seperti mata, pita-pita, dan kancing. Untuk proses pembuatan boneka potty dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, pertama lapisi kaleng bekas atau pun batok kelapa berukuran kecil dengan stocking posisi sesuka selera, kemudian kaleng bekas atau pun batok kelapa tersebut diisi tanah, pupuk, sekam dan bibit tanaman, sedangkan untuk membuat badan boneka isilah stocking dengan serbuk gergaji atau pun serabut kelapa, selanjutnya ikat bagian-bagian yang ingin dibentuk misalnya bagian tangan atau kepala dll, kemudian langkah selanjutnya menghias dengan hiasan yang sudah disiapkan
 Sedangkan untuk cara menanam benihnya dapat dilakukan dengan cara seperti berikut ini. Keluarkan sedikit media yang ada pada pot (akan digunakan untuk menutup benih). Tebar benih di atas permukaan media secara merata. Tutup benih dengan media yang telah kita keluarkan sebelumnya dengan merata. Siram media tanam secara perlahan dengan menggunakan sendok makan sebanyak 5 - 6 sendok makan. Sedangkan cara memelihara boneka potty adalah a). Simpan boneka potty di ruangan yang cukup matahari. Bila disimpan di dalam ruangan keluarkan 2 hari sekali di waktu pagi hari selama 3 – 4 jam. b). Siram boneka potty pada media tanamnya sebanyak 5 - 6 sendok makan pada pagi dan sore hari.c). Bila tanaman sudah tumbuh cukup tinggi, sebagai alternatif tanaman tersebut dapat dikeluarkan dan diganti dengan tanaman lain. Misalnya: kuping gajah, suplir, kadaka, peperomia, dll yang berukuran mini.d). Tanaman tersebut disemprot dengan pupuk daun 2 minggu sekali agar tetap mendapatkan nutrisi.
Dari hasil survey pasar yang kami lakukan dibeberapa tempat di Bali khususnya Kota Singaraja  ternyata responnya sangat baik. Sebenarnya target pasar utama yang kita inginkan adalah kalangan anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan sasaran berikutnya adalah kalangan remaja, dan dewasa. Dari segi ekonomi memproduksi boneka potty sangatlah menguntungkan karena boneka potty ini merupakan boneka yang unik, kreatif dan edukatif , itu terbukti dengan beberapa pesanan yang sudah mulai bermunculan, jadi bisa dikatakan bahwa memproduksi boneka potty sangatlah potensial di Bali khusnya di Kota Singaraja.
Boneka potty merupakan media yang unik, kreatif dan edukatif sesuai dengan semboyannya, boneka potty ingin memberikan inovasi mainan terbaru yang bisa mendidik anak, seperti artinya, yaitu: Boneka Potty Unik : Boneka Potty termasuk produk ide baru yang sangat menarik. Memilikinya akan membuat perasaan puas dan menyenangkan. Boneka Potty Kreatif : Boneka Potty mengajak pemiliknya merawat tanaman secara bebas sesuai keinginan dan mengasah kreatifitas. Sehingga aktivitas merawatnya menumbuhkan pola pikir kreatif dan imajinatif. Boneka Potty Edukatif : Boneka Potty memberi wawasan ilmu lingkungan dimana anak bisa belajar cara menumbuhkan tanaman, belajar proses pertumbuhan tanaman, belajar tentang fotosintesis, dan juga menumbuhkan kecintaan pada lingkungan.
Boneka potty ini menjadi media yang sangat cocok untuk mengenalkan sistem pendidikan pada anak-anak, bagaimana mencintai lingkungan dan merawat tanaman. Juga sebagai alat pembelajaran pada anak dengan melatih kedisiplinan, rasa cinta lingkungan, kasih sayang dan memelihara lingkungan dari bahaya pemanasan global. Boneka ini menjadi pot yang unik dan tahan lama karena boneka berisi media tanam. Boneka didesain sehingga akar tanaman dapat menyatu ke dalam boneka. Apabila benih atau tanaman mati dapat diganti dengan benih atau tanaman mini lainnya. Kalau terlihat kotor dan berlumut, boneka tinggal disikat saja dengan sikat gigi bekas.
C. PERUMUSAN MASALAH
  1. Apakah yang dimaksud dengan Boneka Potty ?
  2. Bagaimanakah cara memproduksi boneka potty ?
  3. Keuntungan apa yang bisa didapat dari memproduksi Boneka Potty ?
  4. Sebutkanlah target pasar yang ingin didapatkan!

 D.  TUJUAN
1.                  Agar kita bisa mengetahui apakah yang dimaksud dengan boneka potty.
2.                  Agar kita bisa tahu bagaimanakah cara untuk memproduksi boneka potty.
3.      Agar kita bisa mengetahui keuntungan yang bisa didapat dari memproduksi boneka potty.
4.      Kita juga bisa mengetahui target pasar yang ingin didapatkan dari  memproduksi boneka potty.
E.  LUARAN YANG DIHARAPKAN
            Luaran yang diharapkan dari memproduksi boneka potty ini adalah menjadikan boneka potty ini sebagai  media yang sangat cocok untuk mengenalkan sistem pendidikan pada anak-anak, bagaimana mencintai lingkungan dan merawat tanaman. Juga sebagai alat pembelajaran pada anak dengan melatih kedisiplinan, rasa cinta lingkungan, kasih sayang dan memelihara lingkungan dari bahaya pemanasan global. Selain itu, boneka potty juga bisa dijadikan souvenir atau hadiah, bisa dijadikan hiasan ruangan, dan juga dapat dijadikan bahan praktikum sains yang menyenangkan di sekolah.
F. KEGUNAAN
  1. Boneka Potty berbentuk macam-macam binatang yang lucu, imut, dan unik sehingga disukai anak-anak. Selain menjadi mainan, boneka juga bisa jadi penghias ruangan.
  2. Boneka Potty dikemas menarik sehingga dapat menjadi hadiah atau souvenir pernikahan atau ulang tahun anak.
  3. Boneka Potty dapat menjadi sarana pembelajaran menarik pada anak. Anak dapat menanam benih, menumbuhkan kemudian merawat tanamannya. Anak juga secara langsung ikut mengamati bagaimana benih dapat tumbuh menjadi tanaman.
  4. Boneka Potty selain dapat ditanami benih juga dapat ditanami tanaman mini seperti kuping gajah, keladi, sansiviera, kaktus dll.
  5. Boneka ini menjadi pot yang unik dan tahan lama karena boneka berisi media tanam. Boneka didesain sehingga akar tanaman dapat menyatu ke dalam boneka. Apabila benih atau tanaman mati dapat diganti dengan benih atau tanaman mini lainnya.
  6. Harga dari boneka potty ini juga sangat terjangkau, jadi masyarakat luas tidak perlu khawatir untuk membeli boneka potty ini.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Dari hasil survey pasar yang kami lakukan di beberapa tempat di Bali, khususnya kota Singaraja , target pasar dari boneka potty yang sebelumnya hanyalah untuk mengajarkan cinta lingkungan terhadap anak – anak, ternyata kini minat pasarnnya telah meluas bukan hanya di kalangan anak – anak saja. Namun, para remaja baik pelajar maupun para mahasiswa juga tertarik dengan produk boneka potty yang kami buat, bentuknya yang lucu – lucu menjadikan boneka potty bukan hanya sebagai boneka tanaman biasa, namun bisa juga dijadikan sebagai souvenir, penghias ruangan dan juga dapat dijadikan bahan praktikum sains yang menyenangkan di sekolah. Oleh karena kebutuhan pasar yang sangat potensial inilah, kami berniat memproduksi boneka potty ini secara masal di Bali khususnya di kota Singaraja. Dari segi ekonomi memproduksi boneka potty kami rasa sangat menguntungkan karena boneka potty ini merupakan boneka yang unik dengan sejumlah keunggulannya dibandingkan dengan boneka lainnya, apalagi di Bali khusnya di Kota Singaraja belum ada yang memproduksi boneka potty ini, jadi dapat ditengahi bahwa prospek kedepannya dalam memproduksi boneka potty ini di kota Singaraja sangatlah cerah.
H. METODE PELAKSANAAN
a.   Sosialisasi
Metode yang kami gunakan dalam melaksanakan program ini diawali dengan melakukan sosialisasi di beberapa tempat di wilayah Sudirman, Singaraja. Sosialisasi yang dimaksudkan di sini adalah kami mengumpulkan beberapa warga setempat dan mempromosikan boneka potty yang kami produksi. Sosialisasi ini juga diikuti dengan kegiatan mengobservasi sumber bahan baku boneka potty yang ada di beberapa pasar tradisional maupun supermarket di kawasan Kota Singaraja.

b.      Media Massa
Metode kedua yang kami lakukan adalah melalui jalur media massa, yaitu lewat internet, koran, dan juga membuat katalog. Melaui media tersebut kami dapat mempromosikan beberapa produk boneka potty yang kami buat, yaitu dengan cara mengiklankan produk tersebut.

c.         Pelaksanaan
Ada pun beberapa langkah-langkah cara pembuatan boneka potty adalah sebagai berikut.
1.      Pertama lapisi kaleng bekas atau pun batok kelapa berukuran kecil dengan stocking posisi sesuka selera, kemudian kaleng bekas atau pun batok kelapa tersebut diisi tanah, pupuk, sekam dan bibit tanaman, sedangkan untuk membuat badan boneka isilah stocking dengan serbuk gergaji atau pun serabut kelapa selanjutnya ikat bagian-bagian yang ingin dibentuk misalnya bagian tangan atau kepala dll, kemudian langkah selanjutnya menghias dengan hiasan yang sudah disiapkan.
2.      Cara menanam benihnya dapat dilakukan dengan cara seperti berikut ini. Keluarkan sedikit media yang ada pada pot (akan digunakan untuk menutup benih). Tebar benih di atas permukaan media secara merata. Tutup benih dengan media yang telah kita keluarkan sebelumnya dengan merata. Siram media tanam secara perlahan dengan menggunakan sendok makan sebanyak 5 - 6 sendok makan.
3.      Cara memelihara boneka potty adalah a) Simpan boneka potty di ruangan yang cukup matahari. Bila disimpan di dalam ruangan keluarkan 2 hari sekali di waktu pagi hari selama 3 – 4 jam. b). Siram boneka potty pada media tanamnya sebanyak 5 - 6 sendok makan pada pagi dan sore hari. c). Bila tanaman sudah tumbuh cukup tinggi, sebagai alternatif tanaman tersebut dapat dikeluarkan dan diganti dengan tanaman lain. Misalnya: kuping gajah, suplir, kadaka, peperomia, dll yang berukuran mini. d). Tanaman tersebut disemprot dengan pupuk daun 2 minggu sekali agar tetap mendapatkan nutrisi
I JADWAL KEGIATAN
   Tabel 1
No
Keterangan
Bulan
I
II
III
IV
V
1
a. Persiapan





-.   Penjajakan tempat pelatihan





-. Mencari sumber bahan baku boneka potty





-.Mengadakan kegiatan sosialisasi di beberapa tempat dan melakukan uji coba promosi melalui media massa.






2

b. Pelaksanaan





-. pembuatan boneka potty.





-.Promosi produk yang telah dihasilkan.





-.Mencari distributor penyalur produk dalam pemasaran.





3
c. Evaluasi















J.   RANCANGAN BIAYA

Bahan Habis Pakai
   Tabel 2

No
Nama barang yang diperlukan
Satuan
Jumlah (Rp)
1.      Bahan habis pakai
1.
Batok Kelapa
5 keranjang @ Rp. 5.000,00
Rp 25.000,00
2.
Ampas kelapa/Kulit kelapa
5 keranjang @ Rp. 3.000,00
Rp. 15.000,00
3.
Stocking
75 Pasang @ Rp. 15.000,00
Rp. 1.125.000,00
4.
Serbuk gergaji
60 kg @ Rp. 5.000,00
Rp. 300.000,00
5.
Bibit tanaman padi
3 kg @ Rp. 15.000,00
Rp. 45.000,00
6.
Bibit tanaman jagung
3 Kg @ Rp. 12.000,00
Rp. 36.000,00
7.
Bibit bayam merah
 3 kg@ Rp. 7.000,00
Rp. 21.000,00
8.
Bibit keladi
3 kg @ Rp. 10.000,00
Rp. 30.000,00
9
Kain tile berbagai warna
30 meter @ Rp 15.000,00
Rp. 450.000,00
12
Pupuk
5 kg @ Rp. 30.000,00
Rp. 150.000,00
13
Sekam
5 kg @ Rp. 7.000,00
Rp. 35.000,00
Total biaya yang diperlukan

Rp. 2.232.000,00


   Peralatan Penunjang PKM
   Tabel 3
1.      Peralatan Penunjang PKM
1
Benang 
30 gulung @ Rp. 2.500,00
Rp. 75.000,00
2
Gunting
10 gunting @ Rp. 5.000,00
Rp. 50.000,00
3
Potongan kuku
10 buah @ Rp. 3.500,00
Rp. 35.000,00
4
Jarum
10 buah @ Rp. 1.000,00
Rp. 10.000,00
5
Mata kancing
400 buah @ Rp. 500,00
Rp. 200.000,00
6
Pita dengan berbagai warna
5 gulung pita beda warna @ Rp. 30.000,00
Rp. 150.000,00
7
Lem
20 buah @ Rp. 5.000,00
Rp. 100.000,00
Total biaya yang diperlukan
Rp. 620.000,00
 
   Biaya Perjalanan
   Tabel 4

No
Hal  yang diperlukan
Satuan
Jumlah (Rp)
1.
Biaya Transportasi
Rp 100.000 x 5 bln
Rp. 500.000,00
 Total biaya tetap
Rp. 500.000,00
  Biaya lain-lain
  Tabel 5

No
Hal  yang diperlukan
Satuan
Jumlah (Rp)
1.
Biaya lain-lain
Rp 500.000 x 5 bln
Rp. 2.500.000.00
 Total biaya tetap
Rp. 2.500.000,00

Total biaya secara keseluruhan  adalah Rp.  5.852.000,00.


Gambar 1
Bentuk-bentuk Boneka Potty

Gambar 2
Tipe Berry harga Rp. 25.000,00





Gambar 3
 
Tipe Bunny harga Rp. 25.000,00

Gambar 4
Tipe Cowdy harga Rp. 25.000,00

Gambar 5
 Tipe Lionel harga Rp. 25.000,00







Gambar 6
Tipe Peggy harga Rp. 25.000,00

Gambar 7
Tipe Puppy harga Rp. 25.000,00




















K.    LAMPIRAN
BIODATA DOSEN PEMBIMBING
Nama                           : Dr. Arifin. M.Pd.
NIP                             : 195707171985121002
Alamat Rumah            : Jalan Gede Wangsa 10 X, Gang Leli, Desa Pemaron    Singaraja
No Telpon/HP             : 081353065682

Tanda tangan              :(                          )

BIODATA KETUA DAN ANGGOTA KELOMPOK
Ketua Kelompok
Nama               : Pande Putu Sona Putra
NIM                : 0912011079
Jurusan            : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia           
Universitas      : Undiksha
Alamat Rumah: Jln Sudirman Sudamala
No telpon        : 081805453755

Tanda tangan :(                        )

Anggota Kelompok 1
Nama               : Komang Ayu Tri Utami
NIM                : 0912011064
Jurusan            : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas      : Undiksha
Alamat Rumah: Perumahan Griya Permai C 41, Desa Pemaron, Singaraja.
No telpon        : 081915668385

Tanda tangan  : (                       )


Anggota Kelompok 2
Nama               : Dewa Ayu Anggun Sudewi
NIM                : 0912011080
Jurusan            : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas      : Undiksha
Alamat Rumah: Jln Dewi Sartika Selatan Singaraja
No telpon        :081805512355

Tanda Tangan : (                       )


Anggota Kelompok 3
Nama               : Nyoman Gunawan Sastradi
NIM                : 1003061003
Jurusan            : Budi Daya Kelautan
Universitas      : Undiksha
Alamat Rumah: Jln Sudirman Sudamala
No telpon        :087762582786

Tanda tangan : (                       )







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar